Tips Jitu Agar Baterai Laptop Lebih Awet

tips-awet-baterai-laptop
Tips ini tidak akan berfungsi jika baterai dari notebook anda memang telah tua atau kondisinya sudah drop yang melulu bertahan selama sejumlah menit ketika dinyalakan. Tidak ada teknik lain di samping mengubah baterai notebook lama dengan yang baru. Bagi yang lain, yang situasi baterai notebooknya masih normal, dapat mencoba tips unik ini.

Untuk membantu memaksimalkan kinerja dari baterai notebook anda, urgen untuk terlebih dahulu mengetahui bagaimana sebenarnya teknik kerja baterai dan kemana saja listrik dialirkan. Dengan mengetahui hal tersebut anda akan bisa menilai tahapan apa saja yang mesti digarap guna menghemat baterai dari laptop yang anda miliki.

Kinerja Baterai

Microsoft, melewati Blog Windows 7 Engineering-nya telah merangkai diagram yang sangat berfungsi untuk anda guna memahami kemana saja aliran listrik di notebook anda mengalir. Pada diagram itu terlihat jelas bahwa layar LCD adalah perangkat yang paling boros memakan energi dari notebook.

Tips Hemat Baterai Laptop

Dari diagram tersebut juga anda dapat menolong kita guna memaksimalkan penghematan baterai dari notebook/netbook yang anda pakai.

Konfigurasi hemat baterai

Hal kesatu yang perlu anda lakukan guna efisiensi daya ialah menilai dengan seksama konfigurasi penghematan baterai, kapan layar notebook anda akan mati secara otomatis jika tidak dipakai dan pengaturan-pengaturan yang lain.

Efisiensi kinerja device

Selanjutnya, kerjakan efisiensi dari perlengkapan lain seperti menilai berapa lama hardisk drive bakal berhenti sesudah tidak terdapat transfer data, penghematan daya guna Wi-Fi, processor, kartu grafis dan perlengkapan lainnya. Anda pun dapat menilai kapan kipas dari notebook bakal menyala, apakah tetap pada situasi default (mengikuti kinerja operating system) atau cocok dengan yang anda kehendaki (pada sejumlah kondisi bakal memperlambat kinerja dari notebook) yang tentunya bakal lebih menghemat baterai dari notebook anda.

Pencahayaan layar

Hal sangat penting dari semua teknik penghematan baterai, ialah dengan mengerjakan penghematan daya pada layar. Kita dapat mengerjakan penghematan dengan mengendalikan cahaya yang terbit dari layar notebook dan meredupkannya seredup-redupnya sebatas tertentu dimana anda masih dapat menyaksikan layar notebook. Meskipun penting, urusan ini tidak disarankan untuk anda yang mempunyai penglihatan yang tidak cukup tajam sebab dapat menyebabkab sakit pada mata anda. Jadi meskipun penting, tidak boleh korbankan mata anda hanya untuk suatu baterai notebook

Matikan device yang tak terpakai

Lanjut dengan tahapan selanjutnya, matikan sejumlah device yang pada saat tersebut tidak dipakai tetapi masih aktif. Device yang barangkali tidak bermanfaat seperti Wi-Fi, bluetooth, LAN card maupun device beda yang tidak diperlukan. Cobalah guna menghindari pemakaian device eksternal seperi hardisk eksternal, flash disk atau perlengkapan USB beda karena sejumlah dari device tersebut memang sangat menghabiskan kinerja dari baterai notebook anda.

Close software yang tak terpakai

Di samping hardware, kadang software pun menjadi penyebab notebook anda tidak bisa bertahan lama ketika dinyalakan. Terlebih lagi andai pada notebook anda banyak software yang berlangsung di background (aplikasi yang tetap berjalan namun tidak tampak pada layar) yang sebenarnya software tersebut tidak diperlukan. Untuk yang telah terbiasa mengutak-atik system, anda dapat dengan gampang untuk mematikan software yang tidak bermanfaat tersebut.

Tetapi, untuk yang “blank” dan tidak terbiasa akan keadaan bingung bagaimana teknik mematikan software tersebut. Hal ini dapat ditanggulangi dengan teknik menggunakan aplikasi Aerofoil yang bisa membantu anda untuk mengatasinya. Aerofoil ialah salah satu software gratis yang bisa membantu anda memanajemen software yang berlangsung di notebook anda serta bisa membantu anda melakukan penghematan daya di notebook.

Mode Hiberbate

Satu tahapan lagi yang perlu anda lakukan guna menghemat baterai, usahakan untuk memakai mode Hibernate andai notebook anda memang tidak digunakan. Mode hibernate memang tidak sepenuhnya mematikan notebook anda, namun ini menjadi opsi yang baik apabila anda tidak memakai notebook tanpa mesti mematikan software yang anda gunakan sebelumnya.

Perawatan Baterai

Sebagai tahapan tambahan, anda perlu mengerjakan perawatan baterai notebook anda karena pada dasarnya semakin lama baterai notebook maka keawetan daya dan kualitas baterai semakin menurun. kita dapat mengerjakan perawatan baterai dengan teknik menghindarkan notebook anda bekerja pada suhu ruang yang panas dan melepas baterai dari notebook anda jika tidak dipakai dalam jangka masa-masa yang lama.

Berapa lama daya tahan baterai dari notebook anda saat ini? Adakah pengalaman unik yang anda alami dengan baterai notebook yang anda punya? Sampaikan dalam kolom komentar.
Tips Jitu Agar Baterai Laptop Lebih Awet Tips Jitu Agar Baterai Laptop Lebih Awet Reviewed by Mualim Mengaji on 10:49 PM Rating: 5

3 comments:

  1. mau gimana juga soal perawatan kalo menurutku, sebab sebaik apapun merk dan kondisi laptop, kalo tdak bisa merawatnya ya mudah rusak

    ReplyDelete
  2. betul, perawatan juga tidak boleh dilupakan

    ReplyDelete
  3. Dicolokin terus aja gan chargernya, otomatis system di laptop akan menggunakan listrik dari colokan bukan dari baterai, setelah baterai penuh...

    ReplyDelete

Powered by Blogger.