20 Tips Agar Tidak Gampang Lupa (Nomer 7 Unik, Nomer 9 Wajib)

tips-agar-tidak-mudah-lupa
Lupa bukanlah sebuah penyakit. Karena lupa adalah kebiasaan. Anda biasa melupakan hal-hal remeh, maka ada kemungkinan hal-hal lain juga ikut terlupakan.

Lupa bukan pula sebuah tragedi. Sebab jika manusia tidak bisa lupa, niscaya ia tidak akan bisa istirahat. Dan seterusnya.

Namun kalau terjadi lupa terus-menerus, pastilah suatu hal yang menjengkelkan. Menjengkelkan bagi diri dan orang lain.

Tips Agar Tidak Mudah Lupa

Nah, bagi anda yang pelupa, meski masih berusia muda, simak tips berikut ini agar terhindar dari sifat lupa.

1. Padatkan

Ketika mengingat-ingat barisan huruf yang panjang laksana 33987643134509, pecahkanlah menjadi: 33 98 76 43 13 45 09.

2. Jangan menjejalkan

Lebih baik memberi ruang pada proses belajar. Contohnya, saat Anda belajar bahasa asing, tidak boleh mengulang satu kata terus-menerus. Demikian saran dr Chris Moulin dari Leeds Memory Group. Ulangi sejumlah kali, dan lantas lanjutkan lagi, dan pulang lagi nanti.

3. Ciptakan petunjuk

Jika anda mempunyai pekerjaan teratur masing-masing hari pada masa-masa tertentu, laksana minum obat, berilah tuntunan dirimu sendiri untuk membantu niatanmu tersebut. Misalnya: “Ketika acara TV ini berlalu aku bakal meminum obat.”

4. Gunakan gambar

Satu teknik untuk menilik sesuatu, laksana nama orang, ialah menggambarkan wajah mereka. Jadi ketika anda bertemu Joe Diamond, bayangkan suatu intan (diamond). Kamu mesti lebih kreatif untuk mencerminkan nama orang dengan nama yang tidak biasa.

5. Buat lebih bermakna

Gunakan makna khusus guna mewakili sebuah kenyataan atau angka, andai Anda perlu menilik angka 50110662012, pikirkan jins Levi's, Perang Hastings, atau Olimpiade London.

6. Buatlah lebih pribadi

Buatlah sesuatu yang hendak kamu ingat bersangkutan dengan dirimu sendiri. Itu pertolongan menilik yang plaing baik. Contohnya Blair mulai berkuasa pada tahun 1997, anda lulus tahun 1997.

7. Metode Kamar Roma

Metode Kamar Roma ialah tentang menilik rangkaian informasi dengan memvisualisasikan mereka ke dalam suatu lokasi. Gunakan lokasi yang anda tahu dengn baik, kerjakan perjalanan pikiran melalui kamar dalam tatanan yang teratur. Kemudian letakkan informasi dari daftarmu satu per satu ke dalam masing-masing kamar.

Jadi ketika hendak mengingat Perdana Menteri, tempatkan Harold Wilson di lorong, James Callaghan di ruang keluarga, Margareth Thatcher di dapur dan seterusnya. Pikirkan tersebut pelan-pelan dan tersebut akan terus menempel.

8. Rutinitas

Rutinitas yang membosankan ialah teman terbaik ingatan. Letakkan barang-barang itu di lokasi yang sama di masa-masa yang lama. Semakin terbiasa, semakin gampang Anda mengingat.

9. Menghafal

Menghafal ialah teknik pembelajaran yang membantu daya ingat - laksana 'Mejikuhibiniu' untuk menilik warna pelangi. Gunakan frasa untuk menilik hal, semakin mengherankan semakin baik.

10. Makan ikan berlendir

Minyak Omega-3 yang terdapat pada ikan berlendir, dapat menolong kekuatan kita berkonsentrasi.

11. Konsumsi choline

Choline, asam amino yang terdapat pada telur, hati, ayam dan kedelai, dapat mengawal otak dan menambah daya ingat. Penelitian teranyar menunjukkan, orang dengan konsumsi choline yang tinggi sukses menyelesaikan tes daya ingat dengan lebih baik — meski diet kesehatan jangka panjang ialah kunci utama guna menjaga faedah otak yang baik, dengan sayuran hijau, buah beri, tomat, kacang dan kecambah ialah makanan yang baik guna daya ingat.

12. Olahraga

Sebuah riset Cambridge University menuliskan, pelajaran aerobik teratur laksana jogging dapat menambah daya ingat dengan merangsang pertumbuhan neuron baru di otak.

13. Mengajar

Mengajari konsep baru pada orang lain dapat membantu ingatanmu pada urusan tersebut. Jadi berikan mata kuliah kecil guna temanmu saat kalian berdua belajar guna tes yang sama.

14. Berpikiran positif

Menurut berpengalaman kesehatan Harvard, stereotipe negatif mengenai penuaan menciptakan daya ingat menurun. Jadi orang tua menghasilkan nilai yang tes daya ingat yang buruk saat dihadapkan pada pengakuan pesimis mengenai usia dan kekuatan benak dan lebih baik saat mendengar pesan untuk mengawal daya ingat tetap kuat sampai pensiun.

15. Gunakan semua indera

Makin tidak sedikit indera yang kamu pakai ketika merasakan suatu kejadian, semakin gampang Anda mengingatnya nanti. Contoh, penciuman dapat secara cepat mengembalikan memori masa lalu. Jadi mulailah mengendus.

16. Catat

Gambar atau tulislah informasi yang hendak diingat pada secarik kertas atau pada memo di handphone.

17. Pengulangan

Ketika kamu hendak mengingat urusan baru, ulangi dengan keras. Contohnya andai kamu baru diberitahu nama seseorang, panggil nama mereka ketika berkata dengan orang tersebut.

18. Tantang dirimu sendiri

Beraktivitas membutuhkan konsentrasi. Bergabunglah dengan klub membaca, teka-teki silang atau mengupayakan resep masakan baru. Kegiatan apapun yang memakai otak bakal menolongmu untuk mengawal bakat sampai tua nanti.

19. Tulis, tidak boleh ketik 

Jari Anda barangkali akan kikuk memakai alat tulis saat sudah terbiasa mengetik, namun mencatat dengan tangan dapat menciptakan otak memproses informasi dengan lebih baik. Jadi saat belajar urusan yang baru, tulislah.

20. Meditasi 

Penelitian AS menunjukkan, penyembuhan harian mempertebal bagian benak cerebral cortex, yang bertanggungjawab menciptakan keputusan, perhatian dan daya ingat. Cobalah mengerjakan teknik mengosongkan pikiran, berfokus pada suatu gambar, suara atau napas kita sendiri.

Bagaimana, menarik bukan.
20 Tips Agar Tidak Gampang Lupa (Nomer 7 Unik, Nomer 9 Wajib) 20 Tips Agar Tidak Gampang Lupa (Nomer 7 Unik, Nomer 9 Wajib) Reviewed by Mualim Mengaji on 3:30 PM Rating: 5

2 comments:

Powered by Blogger.