Tips Jeli Memilih Kurma yang Berkualitas

tips-memilih-kurma-berkualitas
Buah yang paling dicari saat bulan Ramadhan adalah kurma. Hal yang sangat dimaklumi, karena selain lezat disantap saat berbuka, juga menjadi teladan Nabi ketika beliau berbuka puasa, yaitu makan 3 butir kurma dan minum madu.

Terdapat aneka macam jenis kurma yang dipasarkan. Masing-masing memiliki keunggulan dan kelezatan tersendiri. Harganya biasanya mengikuti kualitas kurma yang ada. Makin mahal, kualitasnya juga bagus.

Namun bukan berarti setiap kurma mahal memiliki kualitas bagus. Sebab banyak pedagang ‘nakal’ yang ingin mendapatkan untung banyak dengan menjual kurma kualitas rendah denga harga tinggi.

Tips Jeli Memilih Kurma Berkualitas

Nah, agar tidak mudah tertipu dengan kualitas kurma rendah tapi harga mahal. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengetahui kurma yang berkualitas itu seperti apa.

Lengket dan Alot

Kurma kering terasa agak basah akibat cairan gula yang tetap mengalir ke permukaan. Akan tetapi cairan ini tidak menyebabkan kulit buah lengket.

Waspadi kurma yang terlalu lengket dan bertekstur alot, sebab ada kemungkinan telah diolesi madu atau sirup gula oleh si pedagang.

Kulit Mulus

Kurma berkualitas juga ditandai dengan permukaan kulitnya masih mulus, tidak rusak atau retak serta warnanya seragam.

Bungkus

Hendaknya hanya membeli kurma dalam kemasan atau bungkus yang rapat. Sebab kurma yang dijual secara terbuka, tanpa tutup, mudah terpapar debu, kuman dan kotoran.

Kadaluwarsa

Pada kemasan tertentu, kurma dikemas dalam jangka waktu yang telah ditetapkan oleh pihak pemerintah memalui BPOM dan Kemenkes. Sehingga sebaiknya cermati tanggal berakhirnya kalender kadaluwarsa di dalik kemasan tersebut.

Segera Konsumsi

Langsung habis dikonsumsi adalah cara terbaik menikmati buah kurma. Namun bila masih sisa, atau untuk kebutuhan di hari lain, sebaiknya simpan di freezer dalam keadaan terbungkus rapat.

Itulah tips jeli memilih kurma yang berkualitas. Semoga bermanfaat.
Tips Jeli Memilih Kurma yang Berkualitas Tips Jeli Memilih Kurma yang Berkualitas Reviewed by Mualim Mengaji on 9:30 AM Rating: 5

3 comments:

Powered by Blogger.