Bisakah Beli Rumah Tanpa Uang Muka, Ini Triknya

tips-beli-rumah-tanpa-uang-muka
Harga rumah yang terus naik setiap saat menjadikannya sebagai bahan pokok yang sulit untuk dimiliki. Kendala utama yang sering dialami oleh orang yang hendak membeli rumah adalah menyediakan DP atau uang muka.

Meski banyak developer yang memberikan kemudahan dalam menyediakan uang muka bagi calon customernya, seperti angsuran DP, tetap saja menjadi kendala. Karena besaran DP yang masih memberatkan calon konsumen.

Sebenarnya, pemerintah melalui aturannya, kini besaran DP diturunkan menjadi hanya 10% dari total harga rumah pada kepemilikan pertama. Untuk kepemilikan rumah kedua dan ketiga, DP naik menjadi 30% dan 40%. Jika sudah demikian, tampaknya pemenuhan DP makin sulit terlaksana.

Tips Beli Rumah Tanpa DP atau Uang Muka

Akan tetapi, ternyata ada trik yang bisa dilakukan oleh pembeli rumah tanpa harus mengeluarkan biaya bayar DP. Bagaimana bisa. Berikut uraiannya.

Promosi

Sebagai bagian dari pengeluaran untuk iklan dan promosi, ada beberapa developer yang membuat penawaran menarik seputar uang muka. Seperti DP bisa dicicil sekian kali setelah disetujui bank hingga tanpa DP sekalipun.

Kerjasama Developer

Maksudnya adalah developer bekerja sama dengan bank dengan menahan tabungan sejumlah uang muka. Sehingga konsumen tidak terbebani oleh uang muka, karena sudah ditanggung oleh developer itu sendiri. Inilah celah yang bisa dilakukan untuk membeli rumah tanpa DP.

Berburu Diskon

Diskon besar-besarn dari debeloper juga bisa jadi acuan untuk menggagalkan pembayaran cicilan rumah tanpa uang muka. Misalnya, rumah seharga Rp 150 juta dengan diskon 15% yang harga sebenarnya hanya Rp 135 juta. Sehingga dalam proses pengajuan ke bank, harga rumah tersebut adalah Rp 150 juta, sehingga seolah-olah telah membayar Rp 15 juta sebagai uang muka. Padahal nyatanya adalah karena diskon yang ada.

Menaikkan Harga

Setiap rumah memiliki harga yang bervariasi. Bahkan dalam satu kawasan perumahan, harga bisa berbeda-beda antara satu rumah dengan lainnya. Inilah celah yang bisa dilakukan untuk menghindari uang muka dari bank.

Misalnya, harga rumah sebenarnya adalah Rp 150 juta. Kemudian angka uang muka 20% sebesar Rp 30 juta. Sehingga total Rp 180 juta. Maka gunakan kerja sama dengan developer untuk menaikkan harga rumah menjadi Rp 180 juta. Sehingga seolah-olah telah membayar uang muka rumah tersebut.

Itulah beberap tips cerdik beli rumah tanpa DP atau uang muka. Selamat mencoba.
Bisakah Beli Rumah Tanpa Uang Muka, Ini Triknya Bisakah Beli Rumah Tanpa Uang Muka, Ini Triknya Reviewed by Mualim Mengaji on 9:18 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.