Tips Agar Tetap Bugar Saat Puasa Sebulan Penuh

tips-bugar-saat-puasa
Bagi umat islam, puasa pada bulan suci Ramadhan merupakan ibadah yang diwajibkan. Bahkan menjadi rukun Islam yang keempat.

Pada bulan ini, seluruh umat islam di dunia tanpa terkecuali hanyut dalam aktivitas puasa harian selama sebulan penuh. 

Ibadah puasa Ramadhan membutuhkan kekuatan fisik yang prima ada bisa berpuasa penuh dalam sebulan. Sebab puasa identik dengan lemas, dehidrasi dan kurang berenergi.

Tips Tetap Sehat dan Bugar Saat Puasa

Untuk itu diperlukan cara agar meskipun sedang berpuasa, namun badan tetap sehat dan bugar. Dan tips-tips berikut dapat dicoba.

Cek Lambung

Karena puasa berkaitan dengan organ lambung, yakni menahan lapar dahaga, maka ada baiknya cek dokter soal kondisi lambung. Apalagi yang sering memiliki keluhan sakit perut, maag, asam lambung dan lainnya.

Menu Terjadwal

Buatlah rincian detail menu saat sahur dan berbuka setiap hari guna memenuhi nutrisi harian bagi tubuh.

Minum Air Saat Sahur

Perbanyak minum air putih saat sahur guna menanggulangi rasa dahaga yang berlebihan. Selain itu, tubuh yang terhidrasi dengan baik membuat tubuh tetap bersemangat.

Karbohidrat dan Protein

Selain banyak minum air, saat sahur juga sebaiknya menyediakan makanan yang mengandung zat karbohidrat dan protein agar tubuh tak mudah lemas di siang hari.

Tempat Sejuk

Ganti aktivitas harian saat berpuasa di tempat yang sejuk, misalnya di dalam kantor dan tempat yang tidak panas lainnya. Hal ini untuk mengurangi resiko dehidrasi tubuh.

Aktivitas Fisik

Batasi aktivitas fisik harian saat berpuasa. Agar badan tidak terlalu mudah keluar cairan keringat yang berimbas pada dehidrasi pada tubuh. Jika ada kesempatan, istirahat secukupnya.

Makan Ringan

Saat waktu buka puasa tiba, sebaiknya hindari makan berlebihan. Hal ini akan membuat kondisi metabolisme perut kaget dan menimbulkan dampak lemas dan ngatuk. Hal yang dihindari karena masih ada kegiatan lainnya di malam hari, yaitu sholat tarawih.

Berbuka Sehat

Santap makan malam setelah berbuka dengan menu yang kaya gizi dan nutrisi untuk menimbulkan kekuatan ketika hendak puasa di keesokan harinya.

Minuman Buruk

Hindari minum kopi, teh atau minuman bersoda saat sahur maupun berbuka puasa. Efek di dalamnya akan memberikan dampak bagi tubuh saat berpuasa.

Olahraga 

Meski sedang berpuasa, tidak ada salahnya untuk tetap rutin melakukan olah raga agar tubuh tetap bugar. Manfaatkan waktu malam hari setelah tarawih selama 10-20 menit jalan kaki.

Makan Pedas dan Gorengan

Makanan pedas bisa menyebabkan gangguan pada perut seperti mulas dan diare. Adapun makanan gorengan mudah menyebabkan rasa haus karena kandungan minyak yang menghalangi penyerapan air oleh tubuh saat sahur.

Jadwal tidur

Guna mendapatkan energi yang cukup, sebaiknya atur jadwal tidur sebaik-baiknya. Misalnya satu jam di tengah hari.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan bagi orang yang berpuasa agar tetap sehat dan bugar di bulan suci Ramadhan. Demikian semoga bermanfaat.
Tips Agar Tetap Bugar Saat Puasa Sebulan Penuh Tips Agar Tetap Bugar Saat Puasa Sebulan Penuh Reviewed by Mualim Mengaji on 7:00 AM Rating: 5

1 comment:

Powered by Blogger.