Tips Menabung Agar Bisa Beli Rumah dalam Waktu Singkat

tips-menabung-untuk-beli-rumah
Menabung merupakan pilihan cara yang paling logis untuk memiliki uang dalam rentang waktu tertentu. Menabung juga menjadi trik investasi ampuh untuk memudahkan berbagai hal di kemudian hari atau ketika terlilit kebutuhan dadakan.

Namun tidak banyak yang mencurahkan perhatiannya pada cara investasi ini. Masih banyak yang memilih mengeluarkannya untuk membeli kebutuhan dan keinginan. Hal inilah yang kemudian membuat keuangan menjadi timpang. Apalagi kalau sampai besar pasak daripada tiang.

Menabung untuk membeli rumah juga menjadi investasi yang jarang ditemui. Kebanyakan orang sering menundanya atas alasan tertentu. Padahal dari waktu ke waktu, harga rumah kian tinggi. Jika tidak segera didapatkan hari ini, maka di hari lain akan terus naik harganya.

Tips Menabung Buat Beli Rumah Segera

Nah, pilihan menabung yang cerdas untuk membeli rumah dalam tempo cepat bisa anda lakukan. Bagaimana bisa. Berikut adalah tipsnya.

Tujuan Jelas

Ketika pertama kali membuka rekening tabungan, fokuskan hanya untuk membeli rumah, bukan untuk tujuan lainnya. Sehingga uang yang tersimpan tidak mudah lari ke sana kemari dan berkurang begitu saja sebelum terkumpul.

Tantukan Target

Tentukan target jumlah nominal yang masuk akal sesuai dengan jumlah pemasukan dan pengeluaran harian. Jangan terlalu tinggi agar tidak menjadi beban. Sebaliknya, jangan terlalu rendah karena jumlahnya tidak segera terkumpul banyak.

Lunasi Hutang

Lunasi hutang sesegera mungkin agar proses menabung menjadi fokus dan lebih mudah. Selain itu, beban hutang akan terus memenuhi pikiran.

Tabungan Emas

Emas merupakan investasi yang tidak terpengaruh oleh gejolak inflasi. Nilainya cenderung lebih stabil. Menabung emas jadi pertimbangan baik untuk pengumpulan dana jangka panjang.

Kelola Pengeluaran

Perhatikan betul-betul pengeluaran sekecil mungkin. Meski hanya seribu rupiah, pengeluaran harus dicatat dan ditata. Ingat, jika ribuan itu disimpan dalam beberapa tahun, jumlahnya akan menggunung.

Simpan Nominal Tertentu

Ada cara unik yang bisa dilakukan, yakni dengan cara menyimpan uang dengan jumlah nominal tertentu. Misalnya uang koin ribuan, pecahan Rp 10.000 dan semisalnya. Ini akan menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Tabung Sesuai Tanggal

Cara unik lainnya yang bisa dilakukan untuk mengumpulkan uang adalah dengan cara menyimpan uang diseusaikan dengan angka dalam kalender. Misalnya tanggal 1 untuk seribu, 2 untuk dua ribu dan seterusnya hingga tanggal 30 untuk Rp 30.000. Atau dengan menambah jumlah nominal puluhan, misal tanggal 1 untuk Rp 10.000 hingga tanggal 30 untuk Rp 300.000 dan jumlah nominal lainnya.

Nah itulah beberapa tips dan trik menabung cerdas agar bisa membeli rumah dalam tempo yang cepat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Tips Menabung Agar Bisa Beli Rumah dalam Waktu Singkat Tips Menabung Agar Bisa Beli Rumah dalam Waktu Singkat Reviewed by Mualim Mengaji on 9:05 AM Rating: 5

2 comments:

Powered by Blogger.