Mau Beli Rumah, Ikuti Tips Berikut Agar Tak Tertipu

tips-beli-rumah
Memiliki rumah adalah idaman setiap pasangan dalam rumah tangga. Selain menjadi kebutuhan pokok, memiliki rumah juga sebagai pertanda akan keberhasilan karir seseorang.

Namun, memilikinya tidak semudah yang disangka. Harga rumah masih jauh dari jangkauan. Apalagi bagi pekerja dengan gaji bulanan yang tidak seberapa. Disamping itu, harga rumah senantiasa naik setiap saat. Sehingga jika tidak segera memilikinya, bisa-bisa tak mampu membeli rumah.

Tips Agar Tidak Tertipu Saat Beli Rumah

Bagi anda yang sudah siap dengan dana guna membeli rumah, ada baiknya memperhatikan berbagai hal agar tidak tertipu oleh mulut manis pemilik atau para developer perumahan. Dan berikut tips membeli rumah agar sesuai yang diharapkan.

Rumah Sederhana

Jangan terlalu berangan untuk membeli rumah mewah yang berharga tinggi. Terus menabung demi memilikinya bukan pilihan yang tepat. Sebab kian hari, harga rumah kian tinggi. Sesuaikan dengan kemampuan.

Jika uang telah terkumpul, jangan tunda untuk segera membeli rumah. Dan rumah sederhana adalah pilihan logis. Bayar langsung atau kredit dengan membayar DP di awal.

Jangan Mudah Tergiur

Hal selanjutnya yang harus siperhatikan adalah jangan mudah tergiur dengan harga murah dengan bonus fasilitas yang berlimpah. Jangan-jangan itu adalah kedok bagi developer yang hendak menjual perumahannya yang tidak laku karena kualitasnya memang rendah.

Apalagi kini banyak developer pemula yang ikut-ikutan bisnis properti karena keuntungan yang tinggi tanpa memperhatikan kualitas bangunan dan fasilitas perumahan.

Rumah Pinggiran

Perumahan yang lokasi di pinggir kota biasanya ditawarkan dengan harga lebih terjangkau dibanding perumahan yang ada di lokasi tengah kota dan strategis. Pastika akses jalan baik dan mudah menjangkau fasilitas publik.

Launching Perdana

Beberapa perumahan yang melakukan kegiatan launching perdana biasanya ditawarkan dengan harga lebih miring atau dengan beberapa bonus yang didapatkan. Untuk itu rajin mengunjungi pameran properti, cari tahu informasi di internet, selebaran dan majalah. Lalu jika telah cocok, lakukan pesanan dengan cara inden.

Jeli Memilih KPR

Hal yang harus diingat adalah tidak ada bank yang ingin rugi. Rela memberikan pinjaman dengan bunga rendah. Bank pasti ingin untung banyak. Sehingga, jangan mudah tergiur dengan DP murah apalagi bunga rendah pertahun. Perhatikan pula apakah ada hidden cost yang harus dibayar di luar harga rumah atau tidak.

Cek Dokumen

Selidiki secara teliti legalitas asal usul tanah kavling yang hendak dibeli. Gunakan jasa notaris untuk memastikan bahwa tanah tersebut tidak terlibat kasus atau sedang bermasalah. Agar di kemudian hari, anda dan keluarga tetap nyaman.

Itulah ragam tips membeli rumah agar tidak mudah tertipu. Semoga bermanfaat.
Mau Beli Rumah, Ikuti Tips Berikut Agar Tak Tertipu Mau Beli Rumah, Ikuti Tips Berikut Agar Tak Tertipu Reviewed by Mualim Mengaji on 9:34 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.