Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tak Mudah Tertipu

tips-membeli-mobil-bekas
Beragam alasan membeli mobil bekas atau mobkas dari pada mobil baru. Salah satunya adalah harganya yang lebih murah. Namun tak jarang harus kecewa lantaran mobil yang dibeli ternyata tidak seprima yang ditawarkan. Alih-alih ingin dapat mobil murah, justru merugi karena harus menambah biaya akibat kerusakan yang terjadi.

Memang tidak mudah membeli mobil bekas yang berkualitas. Apalagi kini makin beragam cara menyulap mobil bekas jadi tampak baru. Banyak bengkel dan salon mobil banyak yang memiliki cara canggih untuk memperbaiki mobil bekas. Mobil bekas lantaran kecelakaan, tabrakan, terendam banjir dan sebagainya kini bisa dirubah menjadi seperti baru kembali.

Tips Membeli Mobel Bekas

Nah, diperlukan trik cerdas bagi calon pembeli ketika hendak membeli mobil bekas agar tidak tertipu penjual. Serta agar tidak rugi di kemudian hari. Berikut tips membeli mobil bekas.

Jangan Tergiur Harga Murah

Harga di bawah standar pasaran bisa jadi alasan seseorang menjual karena kondisi mobil yang sudah rusak parah. Sehingga mudah laku. Sehingga jangan mudah tergiur akan harga murah yang ditawarkan seseorang atau melalui iklan media.

Jangan Membeli di Sembarang Tempat

Jangan membeli mobil bekas di tempat-tempat penjualan ilegal dan tidak resmi. Sebaiknya hanya membeli di tempat yang terpercaya seperti showroom yang telah memiliki brand resmi. Karena biasanya di tempat seperti ini, pemilik showroom akan terus menjaga nama baik tokonya. Sehingga benar-benar menyediakan mobil bekas yang prima.

Biasanya showroom terpercaya mendapatkan pasokan mobil bekas dari produsen mobil yang besar. Ditambah jaminan garansi di showroom seperti ini hingga 100% uang kembali jika terjadi kerusakan atau cacat pada mobil.

Jangan Tergesa-gesa

Membeli mobil harus cermat dan jangan terburu-buru, apalagi hanya mengandalkan emosi atau perasaan lantaran tergiur bentuk fisik dan tampilan mobil. Karena dikhawatirkan hanya bagus di tampilan luarnya saja, sedangkan mesinnya tidak prima.

Cermat Mengecek Bodi

Teliti baik-baik bodi dengan membandingkannya melalui gambar di Google. Bandingkan warna dan bentuk fisiknya. Apakah ada perubahan. Cek mulai dari dalam hingga luar mobil. Kondisi pintu dan kusen apakah masih tertata di tempatnya dan tidak berbeda anatar sisi kanan dan kiri. Jika terdapat perbedaan, ada kemungkinan pernah tabrakan atau patah.

Hati-hati Cek Mesin

Dengarkan baik-baik suaranya. Bagaimana getarannya. Dan sebagainya. Ada baiknya anda mengajak teman atau tenikal yang mengerti mesin mobil. Apalagi kini kini bengkel sudah semakin canggih dengan sistem komputerisasi.

Cerdas Cek Dokumen

Banyak mobil bekas bodong dijual di pasaran. Maka tetap cerdas sebelum membeli mobil bekas. Teliti baik-baik surat-surat kendaraan, seperti BPKB, STNK dan surat yang lainnya. Anda juga bisa memeriksa kelengkapan dokumen dengan mengeceknya di Polda setempat dengan terlebih dahulu minta foto copy an dokumen dari penjual.

Membeli mobil bekas dibutuhkan ketelitian dan kesabaran. Karena tergolong pengeluaran yang besar bagi keluar. Salah membeli, akan merugi di kemudian hari. Dengan tips di atas, anda akan mendapatkan mobil bekas tanpa bisa ditipu lagi.
Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tak Mudah Tertipu Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tak Mudah Tertipu Reviewed by Mualim Mengaji on 3:29 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.