Bagaimana Agar Si Kecil Tidak Kecanduan Gadget

tips-agar-anak-tidak-kecanduan-gadget
Teknologi ibarat pisau bermata dua, satu sisi bisa bermanfaat, sedang sisi yang lain bisa membrikan madorot. Tinggal bagaimana cara menggunakannya. Jika tidak benar, akan terjerumus ke dalam hal yang buruk. Dan begitu pula sebaliknya.

Mengenalkan secara dini tentang teknologi kepada anak memang bagus. Namun sebagai orang tua, harus pandai mensiasatinya agar tujuan pengenalan teknologi terkini tercapai tanpa ada dampak buruk di belakangnya.

Tak dapat dipungkiri, sebagai alat elektronik, gadget menduduki peringkat teratas. Semua kalangan tidak bisa lepas darinya. Dari dewasa dan anak kecil pun sudah banyak yang lihai memainkannya. Apalagi dukungan aplikasi gaming yang terus saja diperbarui dan semakin menarik.

Saat anak main gadget, terkadang banyak hal dilupakannya. Lupa makan, lupa belajar, lupa tidur siang dan sebagainya. Inilah yang sering jadi masalah bagi orang tua. Gadget jadi pilihan utama ketimbang perintah orang tua.

Tips Agar Anak Tidak Kecanduan Gadget

Nah, bagaimana caranya agar anak tidak melulu bermain gadget setiap hari hingga kecanduan ponsel cerdas itu. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi kecanduan gadget pada anak-anak.

Batasi

Cara paling sederhana namun butuh ketegasan, konsisten dan kedisiplinan adalah dengan membatasi anak-anak dari main gadget. Misalnya selama sekian jam setelah tidur siang dan sebagainya.

Alihkan Perhatian

Cara paling baik adalah dengan mengalihkan perhatian anak dari gadget dengan aktivitas lain yang lebih bermanfaat dan mengasah fisik dan otak. Misalnya membuat kerajinan tangan, brmain kardus, membuat kue, atau bisa pula dengan olahraga berenang, bersepeda dan sebagainya.

Simpan dan Jauhkan

Orang tua bisa menjauhkan anak-anak dari gadget dengan menyimpannya di tempat yang tersembunyi dan jauh dari jangkauannya. Terutama ketika ada hal lain yang lebih bermanfaat seperti belajar, ada ujian, tidur siang dan waktu lainnya.

Kebersamaan

Luang waktu untuk sekedar bercanda dan bercengkrama dengan anak di waktu luang. Agar kegiatan di depan gadget teralihkan oleh perhatian mereka dari orang tua. Anak-anak akan merasa terus diperhatikan oleh kasih sayang yang anda berikan sehingga tidak menjadikan gadget sebagai pelarian mereka.

Itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan agar anak tidak kecanduan bermain gadget.
Bagaimana Agar Si Kecil Tidak Kecanduan Gadget Bagaimana Agar Si Kecil Tidak Kecanduan Gadget Reviewed by Mualim Mengaji on 3:12 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.