Tips Aman Bagi Wanita Saat Travelling Sendirian

tips-aman-wanita-travelling-sendirian
Travelling sudah menjadi gaya hidup masyarakat modern di era millenial sekarang ini. Sensasi menikmati pemandangan luar menjadi salah satu hiburan yang tidak bisa dinilai dengan uang. Meski lelah, tetap saja aktivitas ini sangat menyenangkan.

Untuk anda para ladies yang sering travelling sendirian, tentu saja banyak yang harus dipersiapkan. Terutama persiapan sebagai bagian keamanan diri ketika travelling sendirian.

Tips Aman Bagi Wanita Saat Travelling Sendirian

Berikut ini beberapa tips yang dapat anda lakukan agar travelling aman meski sendirian.

Teliti Cari Hotel

Soal penginapan, hendaklah secara detail mencari hotel yang tampak aman. Anda bisa menyeleksi melalui aplikasi ticketing hotel seperti TripAdvisor, Travelloka dan yang semisalnya.

Info Diri

Berikan informasi ke teman dekat atau saudara tentang lokasi yang hendak anda kunjungi. Agar jika terjadi sesuatu, ada orang lain yang mengetahui keberadaan anda.

Simpan Dokumen

Ambil gambar semua dokumen seperti Paspor, ID, Nomor Tiket, Pemesanan dan lain-lain, kemudian simpan di folder Dropbox yang bisa diakses di komputer manapun. Hal ini untuk berjaga-jaga jika dokumen tersebut raib.

Asuransi Travel

Pertimbangkan untuk ikut asuransi travel guna membackup dana jika terjadi sesuatu saat travelling, seperti darurat medis, kerusakan mobil sewa, pembatalan perjalanan dan lains sebagainya.

Salin Data Perjalanan

Tidak ada salahnya untuk menyalin segala hal yang terkait dengan perjalanan anda seperti lokasi hotel, perusahaan rental, kontak darurat, reservasi tiket bandara dan sebagainya.

Simpan Uang

Hindari menyimpan uang di tempat yang sama. Selain tersimpan di kartu ATM dan Credit Card, sebaiknya simpan uang di beberapa tempat, misal di dompet, di kantung tas kecil, di dalam almari hotel dan sebagainya. Untuk mencegah raibnya keseluruhan uang saat di jalan.

Power Bank

Jangan lupa membawa power bank agar tetap bisa memakai gadget saat perjalanan. Dan memastikan nomor ponsel tetap aktif.

Pakaian Lokal

Cobalah memakai pakaian seperti warga setempat untuk mencegah banyak perhatian yang tidak diinginkan, seperti perampokan, pencopetan dan penipuan pembayaran.

Cincin Kawin

Bagi anda yang sudah memakai, sebaiknya tetap pakai cincin kawin. Namun bagi anda yang belum menikah, sebaiknya beli cincin untuk kemudian dipakai. Terutama saat melancong ke negeri Timur Tengah yang masih mengatur ketat bagi wanita yang bepergian sendirian.

Saver Bag

Ada baiknya pula membawa tas koper yang menggunakan fitur keamanan atau locking saat dibuka. Agar barang bawaan yang berharga lebih aman bila suatu saat ditinggal di hotel.

Alat Keamanan Praktis

Untuk mencegah gangguan, sebaiknya membawa alat keamanan praktis seperti semprotan cabe, setrum kejut dan sebagainya.

Tongkat Selfie

Untuk menambah aktivitas pengambilan gambar yang atraktif, jangan lupa membawa tongkat selfie.

Kunci Terpisah

Letakkan kunci hotel di tempat yang terpisah. Misal ditaruh di dalam tas dan di dalam dompet. Agar tetap bisa membuka pintu hotel jika suatu saat kehilangan salah satunya.

Tidak Sendirian

Katakan bahwa anda akan pergi bersama pacar, atau suami atau kawan anda kepada siapa saja yang menanyakan status travell anda. Sehingga tetap terkesan aman karena ada orang lain di dalam kamar hotel.

Jangan Ganggu

Nyalakan TV dan tulis Jangan Diganggu di depan pintu kamar. Hal ini untuk mencegah terjadinya pencurian. Sebab terkesan ada orang di dalam kamar meski anda meninggalkannya.

Alamat Hotel

Tulis dalam secarik kertas nama dan alamat hotel dimana anda menginap. Lalu berikan kepada super taksi. Terutama bagi anda yang tidak bisa bercakap dengan bahasa setempat.

Earphone Sebelah

Pasang Earphone saat mendengar musik hanya sebelah saja. Agar tetap bisa mengakses suara di luar yang tidak diinginkan.

Saat Tersesat

Hindari membuka ponsel di tengah jalan jika anda mengalami salah jalan atau tersesat. Minggirlah di tepi jalan atau duduk di kafe yang terdekat untuk mengakses peta lokasi di ponsel.

Bawa Tas

Sebaiknya bawa tas penting anda dimana saja, meskipun ketika harus di kamar kecil, di dalam bus, kerata dan sebagainya.

Duduk Bersama

Jika naik kereta atau bus, sebaiknya pilih tempat duduk yang banyak penumpangnya. Lebih baik lagi disana banyak penumpang wanita.

Jangan Tidur

Ketika pergi naik kereta, bus dan layanan angkutan publik lainnya, sebaiknya jangan sampai tertidur. Agar tetap bisa menguasai keadaan saat terjadi keributan, kekacauan atau kejahatan.

Plat Nomor

Sebelum naik taxi, ada baiknya untuk mengambil gambar plat nomornya. Agar mudah dilacak jika terjadi sesuatu.

Obrolan Palsu

Saat naik taxi sendirian, tidak ada salahnya melakukan sambungan palsu untuk sekedar mengatakan bahwa anda tidak benar-benar sendirian. Misalnya, “Ya, sebentar lagi sampai.” Atau, “Saya akan berada di sana nanti dengan si A si B dan seterusnya.”

Aplikasi Maps

Sesuaikan lokasi rute taxi yang anda tumpangi melalui google maps. Agar benar-benar sesuai dengan tujuan anda.

Taruh Tas

Saat harus mengakses sesuatu di dalam tas, sebaiknya taruh tas diantara kaki anda. Atau bisa pula diletakkan diantara meja dan tubuh anda. Jangan taruh tas di samping. Akan mudah dijambret.

Cari Teman

Saat travelling sendiri, kadang merasa bosan. Ada baiknya memulai untuk mengobrol dengan orang lain untuk sekedar pengalih kebosanan atau untuk mendapatkan teman baru.

Gunakan Kata “Kami”

Gunakan kata-kata “Kami” untuk memastikan orang lain mengetahui bahwa anda tidak sedang pergi sendiri.

Tolak

Jangan sungkan untuk mengatakan “Tidak” kepada orang lain, terutama kepada pria asing. Lakukan dengan kasar jika memang melihat gerak-gerik mencurigakan dari pria asing itu.

Nah, itulah beberapa tips aman bagi traveller cewek agar tetap aman saat di perjalanan.
Tips Aman Bagi Wanita Saat Travelling Sendirian Tips Aman Bagi Wanita Saat Travelling Sendirian Reviewed by Mualim Mengaji on 3:27 AM Rating: 5

1 comment:

Powered by Blogger.